Gali Potensi Desa Guna Pengembangan Unit Usaha

TELAGA BARU – Pemerintah Desa Telaga Baru Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, terus berupaya dalam mengembangkan perekonomian desa. Salah satunya terobosan yang dilakukan adalah dengan menggali potensi desa sehingga dapat dikelola dengan baik oleh masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Dengan adanya BUMDes, maka diharapkan nantinya produk desa yang dimiliki dapat dikelola dengan baik sehingga bisa menghasilkan pendapatan asli desa (PADes),” kata Rozali, Selasa (22/10/19)

Hal ini disampikan Kepala Desa terkait akan ada wacana dibentuknya unit baru dalam BUMDes didesa, setelah terealisasinya unit obyek Wisata desa yang sedang dilaksanakan saat ini, yaitu tentang pengelolaan air bersih layak kosumsi.

“Wacana pengembangan Bumdes melalui unit baru nantinya adalah pembangun sumber air bersih layak kosumsi, pembangunan ini dikarenakan selain pentingnya air bersih bagi masyarakat, juga tentang adanya potensi air yang sangat baik di desa kita”. Katanya lagi.

Lebih jauh juga dia mengatakan dengan adanya beberapa unit usaha didesa nantinya kita bisa meningkatkan perekonomian warga serta menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Sehingga desa bisa lebih mandiri, tidak hanya tergantung dari Anggaran Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DDS).

“Kita akan berupaya menggali potensi desa dengan dikelola oleh unit-unit yang ada, sehingga bisa berkembang dan meningkat kan perekonomian warga, serta menghasilkan Pendapatan Asli Desa(PADes). Sehingga desa bisa lebih mandiri, tidak hanya tergantung dari Anggaran Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DDS)”. Imbuh Kades lagi.

(Operator)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *