Tingkatkan Pelayanan Posyandu, Tim PKK Kecamatan Lakukan Penilaian

TELAGA BARU – Dalam rangka meningkatkan kinerja Kader Posyandu pada pelayanan terhadap balita, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Rangsang Barat melakukan monitoring ke Desa Telaga Baru, Senen (21/10/19).

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pengawasan kesehatan anak berusia di bawah lima tahun (balita) secara Preventif dan Edukatif lewat penilaian kinerja Posyandu.

Adapun kategori yang menjadi penilaian yaitu tentang keadministrasian Posyandu, strategi kader untuk meningkatkan balita ke posyandu, membuat gizi makanan kepada bayi sesuai dengan menu dan gizi dari UPT Puskesmas anak setatah

Menurut Linda, Tim penilai dari kecamatan, hal ini perlu dilakukan guna memastikan pelayanan di Posyandu menjadi menjadi rujukan utama Balita dalam kebutuhan gizi seimbang.

” Sebagai motivasi dan penyemangat kinerja Kader, PKK Desa bekerja sama dengan Posyandu, Ibu PKK harus rajin datang berkunjung ke Posyandu, karena Posyandu adalah milik Desa bukan Bidan Desa. Penilaian ini kita lakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan posyandu dan melakukan pembinaan terhadap apa yang masih perlu ditingkatkan, sehingga tercapai tujuan akhirnya yaitu peningkatan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama kader posyandu Anggrek Desa Telaga Baru, Salmiah mengimbau untuk memantau perkembangan kesehatan dan pertumbuhan balita, para ibu agar rajin membawa anaknya ke Posyandu.

”Dengan penilaian tersebut, kami harapkan akan terwujud posyandu yang bisa menjadi lebih baik lagi,”ujar salmiah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa, menurut Rozali peningkatan pelayanan Posyandu sangat perlu diperhatikan, mulai dari pelayanan hingga keadministrasian,

“.Kami ingin para kader desa mampu mengembangkan posyandu menjadi mandiri di masa yang akan datang,” terangnya, ujar Kades.

(Helfy SA.g)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *