Ringkasan Singkat Nama dan Logo Pokdarwis Jepun Bestari

Telaga Baru – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Jepun Bestari” adalah sebuah kelembagaan ditingkat masyarakat Desa Telaga Baru Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Kelompok ini terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan

Adapun kata “Jepun” yang dijadikan sebagai nama dari Pokdarwis ini, karena lokasi obyek wisata yang dibangun oleh kelompok ini berada dilokasi pabrik pengolahan kayu Koperasi Kumiyai milik jepang jauh sebelum Indonesia merdeka.

Sedangkan “Bestari” yang dirangkaikan pada kalimat ini adalah singkatan dari motto Pokdarwis untuk menjadikan desa lebih maju melalui pengembangan obyek wisata, yaitu “Berubah Elok, Suasana Tertata mengikut Alam, menjadi Rindang dan Indah”.

Nama dan Motto Pokdarwis ini juga dituangkan dalam sebuah logo, dengan simbol-simbol yang mengandung makna tersendiri, dan disimpulkan menjadi:

Kelompok Sadar Wisata Jepun Bestari Desa Telaga Baru Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, adalah sekelompok orang yang berupaya melestarikan sejarah desa dan melindungi hutan manggrove diwilayah desa.

Hal itu dilakukan dengan cara membangun suatu tempat yang penuh kedamaian dan kesejukan agar menimbulkan tasa nyaman bagi setiap orang. Dengan adanya kesejukan dan kedamaian di lokasi tersebut, sehingga menjadi solusi utama pada setiap orang yang membutuhkan ketenangan, sehingga menjadikan desa Telaga Baru sebuah destinasi tujuan.

(Helfy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *